Evaluasi diri dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui penjaminan mutu internal

Main Article Content

Luat Happyana

Abstract

Evaluasi diri merupakan langkah strategis dalam penjaminan mutu internal untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran evaluasi diri dalam pengelolaan sumber daya, perbaikan sistem administrasi, dan peningkatan kapasitas tenaga pendidik di SMA Darussalam Blokagung, Banyuwangi. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil menunjukkan bahwa evaluasi diri membantu mengidentifikasi kelemahan dan peluang perbaikan, seperti redistribusi tugas, pengelolaan fasilitas, pelatihan berbasis teknologi, serta peningkatan efisiensi administrasi. Tantangan yang dihadapi, seperti keterbatasan anggaran dan waktu pelatihan, dapat diatasi melalui inovasi dan strategi berkelanjutan. Dengan evaluasi diri yang konsisten, lembaga pendidikan mampu menciptakan budaya mutu dan adaptasi yang mendukung peningkatan kualitas pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Happyana, L. (2025). Evaluasi diri dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui penjaminan mutu internal. Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business, 4(6), 3186–3197. https://doi.org/10.54373/ifijeb.v4i6.2295
Section
Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.