Evaluasi diri dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui penjaminan mutu internal
Main Article Content
Abstract
Evaluasi diri merupakan langkah strategis dalam penjaminan mutu internal untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran evaluasi diri dalam pengelolaan sumber daya, perbaikan sistem administrasi, dan peningkatan kapasitas tenaga pendidik di SMA Darussalam Blokagung, Banyuwangi. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil menunjukkan bahwa evaluasi diri membantu mengidentifikasi kelemahan dan peluang perbaikan, seperti redistribusi tugas, pengelolaan fasilitas, pelatihan berbasis teknologi, serta peningkatan efisiensi administrasi. Tantangan yang dihadapi, seperti keterbatasan anggaran dan waktu pelatihan, dapat diatasi melalui inovasi dan strategi berkelanjutan. Dengan evaluasi diri yang konsisten, lembaga pendidikan mampu menciptakan budaya mutu dan adaptasi yang mendukung peningkatan kualitas pendidikan