Pengaruh Standar Produksi Air Dan Pelayanan Distribusi Terhadap Loyalitas Pelanggan PUDAM Tirta Bina Labuhanbatu
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh standar produksi air dan pelayanan distribusi terhadap loyalitas pelanggan PUDAM Tirta Bina Labuhanbatu. Loyalitas pelanggan merupakan aspek penting dalam mempertahankan dan meningkatkan jumlah pelanggan, yang dipengaruhi oleh kualitas produk dan layanan yang diberikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif dan kausal. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada pelanggan PUDAM, yang mencakup variabel kualitas produksi air, kualitas pelayanan distribusi, dan tingkat loyalitas pelanggan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda untuk mengukur hubungan antara variabel-variabel tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas standar produksi dan pelayanan distribusi di PUDAM Tirta Bina Labuhanbatu serta memberikan rekomendasi strategis untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel independen, yaitu kualitas produksi air dan pelayanan distribusi, berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Secara khusus, kualitas produksi air memiliki koefisien sebesar 0.45, dan pelayanan distribusi memiliki koefisien sebesar 0.38. Model regresi ini menjelaskan 67% variasi dalam loyalitas pelanggan. Temuan ini menunjukkan bahwa kualitas produksi air dan pelayanan distribusi memegang peranan penting dalam meningkatkan loyalitas pelanggan di PUDAM Tirta Bina Labuhanbatu.