Pengaruh Cashback, Flash Sale, Dan Tagline “Gratis Ongkir” Terhadap Impulse Buying Generasi “Z” Pada Shopee

Main Article Content

Muhammad Iqbal
Suwarno
Arisky Andrinaldo
Dewi Anggraini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cashback, flash sale, dan tagline "Gratis Ongkir" terhadap impuls buying generasi "Z" pada platform e-commerce Shopee. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan populasi 2.012 mahasiswa aktif Universitas Bina Insan. Sampel penelitian berjumlah 95 mahasiswa yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cashback dan flash sale memiliki pengaruh signifikan terhadap impuls buying generasi "Z", dengan nilai t-statistics masing-masing 4.309 dan 2.503, yang lebih besar dari t-tabel 1.985, serta p-value 0.000 dan 0.012 yang lebih kecil dari 0.05. Sementara itu, tagline "Gratis Ongkir" tidak menunjukkan pengaruh signifikan, dengan t-statistics 0.554 yang lebih kecil dari t-tabel 1.985, dan p-value 0.580 yang lebih besar dari 0.05. Hasil regresi F menunjukkan bahwa kombinasi cashback, flash sale, dan tagline "Gratis Ongkir" memiliki pengaruh signifikan terhadap impuls buying generasi "Z" dengan nilai F sebesar 941.370 dan p-value 0.000, yang lebih kecil dari 0.05.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Iqbal, M., Suwarno, Andrinaldo, A., & Anggraini, D. (2025). Pengaruh Cashback, Flash Sale, Dan Tagline “Gratis Ongkir” Terhadap Impulse Buying Generasi “Z” Pada Shopee. Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business, 5(1), 4262–4272. https://doi.org/10.54373/ifijeb.v5i1.2762
Section
Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.