Pengaruh Cashback, Flash Sale, Dan Tagline “Gratis Ongkir” Terhadap Impulse Buying Generasi “Z” Pada Shopee
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cashback, flash sale, dan tagline "Gratis Ongkir" terhadap impuls buying generasi "Z" pada platform e-commerce Shopee. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan populasi 2.012 mahasiswa aktif Universitas Bina Insan. Sampel penelitian berjumlah 95 mahasiswa yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cashback dan flash sale memiliki pengaruh signifikan terhadap impuls buying generasi "Z", dengan nilai t-statistics masing-masing 4.309 dan 2.503, yang lebih besar dari t-tabel 1.985, serta p-value 0.000 dan 0.012 yang lebih kecil dari 0.05. Sementara itu, tagline "Gratis Ongkir" tidak menunjukkan pengaruh signifikan, dengan t-statistics 0.554 yang lebih kecil dari t-tabel 1.985, dan p-value 0.580 yang lebih besar dari 0.05. Hasil regresi F menunjukkan bahwa kombinasi cashback, flash sale, dan tagline "Gratis Ongkir" memiliki pengaruh signifikan terhadap impuls buying generasi "Z" dengan nilai F sebesar 941.370 dan p-value 0.000, yang lebih kecil dari 0.05.