Hubungan Implementasi Biaya Pendidikan Gratis dengan Minat Belajar Siswa

Main Article Content

Asis Wolio
Ummu Saidah
La Rajab

Abstract

Salah satu usaha untuk melaksanakan perbaikan dalam bidang pendidikan tersebut adalah dengan pelaksanaan kebijakan sekolah Menyediakan pendidikan murah dan mudah bagi rakyat yang berarti pendidikan harus diselenggarakan untuk rakyat yang harus mudah diikuti atau dijangkau untuk semua rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan implementasi biaya pendidikan gratis dengan minat belajar siswa. Subjek 6 orang siswa 1 orang guru. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian berupa pengelompokan data, reduksi data, dan interpretasi data.  Hasil penelitian ini menemukan bahwa pemberlakuan biaya pendidikan gratis sangatlah membantu siswa dalam belajar ketika di sekolah maupun di rumah. Dengan Biaya pendidikan gratis siswa dapat berkonsentrasi dalam belajar dan rajin untuk berangkat ke sekolah. Selain itu, minat belajar siswa dalam proses pembelajaran sangatlah baik, hal ini terlihat dalam proses pembelajaran dan antusias siswa untuk mengetahui dan memahami dengan baik materi yang disampaikan oleh guru di kelas

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wolio, A., Saidah, U., & Rajab, L. (2022). Hubungan Implementasi Biaya Pendidikan Gratis dengan Minat Belajar Siswa. PEDAGOGIC: Indonesian Journal of Science Education and Technology, 1(1), 12–27. https://doi.org/10.54373/ijset.v1i1.58
Section
Articles